IPA disebut sebagai ilmu tentang alam dikarenakan mempelajari tentang gejala alam berupa fakta, konsep dan hukum yang telah teruji kebenarannya melalui suatu rangkaian penelitian. Agar tujuan pembelajaran IPA dapat tercapai sesuai hakikatnya maka dibutuhkan suatu pembelajaran yang ideal. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar tidak hanya diajarkan secara konvensional namun juga melalui berbagai praktek-praktek dimana siswa dapat memahami perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang menganalisis dan mengkaji hasil dari penelitian sebelumnya yang memiliki tema yang relevan. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana proses analisis data lebih menekankan pada penyimpulan perbandingan tinjauan pustaka dari beberapa jurnal ilmiah. Penelitian ini bermaksud untuk menjabarkan tentang penerapan model kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA dalam tiga aspek yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model ini mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual agar siswa belajar dalam suasana yang menyenangkan sehingga dalam pembelajaran IPA siswa menjadi aktif, senang dan antusias karena berinteraksi dengan teman yang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya.
Copyrights © 2021