Penguasaan terhadap sains sangat mendukung kemajuan suatu bangsa, salah satu tolak ukur dalam melihat keberhasilah tercapainya tujuan pembelajaran siswa dalam pembelajaran IPA adalah hasil belajar IPA siswa. Realita dilapangan masih menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar. Untuk mewujudkan pembelajaran IPA yang baik dalam mencapai tujuan pembelajaran pemanfaatan model take and give dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji beragam literatur dari beragam sumber untuk ditarik kesimpulan. Hasil belajar dalam pembelajaran IPA, siswa dapat mencapai indikator berikut, yaitu: 1) Memahami struktur bagian tumbuhan dan fungsinya (akar, daun, batang, dan bunga), 2) Memahami struktur bagian tumbuhan dan fungsinya (akar, daun, batang, dan bunga), 3) Mendeskripsikan informasi seputar struktur bagian tumbuhan dan fungsinya (akar, daun, batang, dan bunga), 4) Menjelaskan secara lisan dan mendengarkan penjelasan yang dilakukan siswa lainnya, 5) Mengumpulkan banyak informasi mengenai tumbuhan beserta fungsinya. Penulisan artikel ini diharapkan dapat memberi masukan bagi sekolah dalam memperbaiki proses pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran IPA di sekolah dasar.
Copyrights © 2020