Serupa : The Journal of Art Education
Vol 11, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERGAMBAR BERBASIS E-BOOK PELAJARAN SENI RUPA DUA DIMENSI DENGAN MEMODIFIKASI OBJEK

Nabila Sakinah (Universitas Negeri Padang)
Zubaidah Zubaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book dengan menggunakan Issue yang praktis dan valid. Dalam pengembangan ini akan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (Disseminate). Peneltian ini memiliki keterbatasan waktu karena itu penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan saja. Media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book  ini sudah di revisi berdasarkan pendapat dari ahli validator yang terdiri atas 3 orang dosen seni rupa, 1 orang dosen bahasa, dan 1 orang guru seni budaya. Media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book ini dikembangkan dengan menggunakan website Issue. Pengembangan yang telah di uji dengan skala skala kecil ini yang terdiri 8 orang murid kelas XI SMAN 1 Painan, Hasil dari Validasi yang di peroleh dari lembar validasi yang sudah diberikan kepada validator yaitu dengan rata-rata 85,57%  yang di nyatakan sangatnvalidmdan hasil uji praktikalitas yang di berikan kepada siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata rata 81,27%. Berdasarkan hasil yang di peroleh dapat di simpulkan media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book pada materi seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi objek telah praktis dan valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

serupa

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan ...