Serupa : The Journal of Art Education
Vol 11, No 2 (2022)

Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Menggambar Model di Kelas VIII.1 SMP Negeri 40 Padang

Febri Andika (Unknown)
Zubaidah Zubaidah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, permasalahan dalam penelitian adalah kurangnya minat siswa dipembelajaran seni rupa materi menggambar model di kelas VIII.1 SMP Negeri 40 padang. Tujuan dari penelitian tersebut adalah meningkatkan minat siswa dipembelajaran seni rupa pada era new normal melalui metode demonstrasi.  Dari data penelitian memperoleh dengan penerapan metode demonstrasi maka  siswa bisa menumbuhkan minat belajarnya pada pembelajaran seni rupa materi menggambar model dalam kelas VIII.1 SMP Negeri 40 Padang di tahun  2022. Pada prasiklus minat belajar siswa dengan persentase yang diperoleh  senilai 49.1%, sedangkan di siklus I senilai 81,1% dan di siklus II meningkat senilai 92.7%. Dalam prasiklus nilai rata- rata yang didapatkan senilai 56 dan di siklus I rata-rata  siswa terjadi kenaikan 80.31 dan juga mengalami peningkatan di siklus Kedua senilai 87.93. Siswa yang lulus KKM mengalami kenaikan di setiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang tuntas KKM berjumlah 5 siswa dengan pesentase siswa senilai 17.24%. Dalam siklus I siswa yang lulus KKM dengan jumlah 19 orang siswa dengan nilai persentase 65.52% dan di siklus II siswa yang lulus KKM jumlahnya 26 orang siswa dan pesentase 89.66%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

serupa

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan ...