Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 2, No. 1, April 2022

Program Home Visit sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SMP Negeri 2 Sumowono

Nuskhatul Huwaida Umi Astutik (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Main Sufanti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Pada September 2021, Siswa Sekolah Menengah Pertama akan segera mengikuti Asesmen Nasional (AN) sehingga salah satu tugas mahasiswa Kampus Mengajar yaitu membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. SMP Negeri 2 Sumowono merupakan salah satu sekolah sasaran Kampus Mengajar Angkatan 2 yang terletak di daerah 3T, tepatnya di daerah pegunungan. Salah satu program mahasiswa kampus mengajar pada sekolah ini adalah program Home Visit. Tujuan program tersebut memberikan pendampingan belajar siswa kelas VIII dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa calon peserta Asesmen Nasional (AN).  Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Hasil pendampingan belajar menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan rata-rata nilai siswa setelah mendapatkan pendampingan belajar melalui program Home Visit mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi. Pelaksanaan Home Visit menggunakan beberapa metode pembelajaran diantaranya, Penggunaan metode diskusi untuk literasi dan metode jarimatika untuk numerasi. Penggunaan metode ini efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...