Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 2, No. 1, April 2022

Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan

Yani Sukriah Siregar (Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Muhammad Darwis (Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Riski Baroroh (Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Wulan Andriyani (Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Pembelajaran yang bermutu tinggi merupakan kunci utama dalam pendidikan. Minat belajar peserta didik yang kurang bisa mengakibatkan hasil belajar peserta didik belum optimal. Untuk itu perlu segera dicari alternatif pemecahannya agar minat belajar siswa meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam belajar terutama di masa pandemi covid 19 ini. Penelitian ini menggunakan 2 jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang bersumber internal yang didapatkan secara langsung melalui pelaksanaan observasi, yaitu berupa pengamatan secara langsung, dan lain-lain. Sedangkan data sekunder bersumber eksternal yang didapat melalui referensi dari luar, baik artikel, jurnal, dan lainnya. Hasil dari pengabdian ini yaitu pemberian media pembelajaran ini menghasilkan minat anak untuk belajar kembali meningkat. Peserta didik antusias untuk belajar lagi dan ini membuat kami semangat karena peserta didik sudah dapat mengubah pola pikirnya mulai dari sekarang. Adanya pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa Kampus Mengajar ini dilakukan untuk menjaga minat belajar peserta didik di masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...