Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 2, No. 1, April 2022

Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Baratan

Rahmawati Faradiyah Nurul (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Khoirunnisa’ Ismi Nur Intani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rino Andreas (Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar)
Dzikrina Aqsha Mahardika (Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Pendidikan karakter merupakan serangkaian upaya yang dilakukan untuk mendidik anak-anak agar dapat berperilaku baik, mengambil keputusan dengan benar, dan ikut serta dalam kontribusi positif di masyarakat. Masalah yang terjadi adalah permainan tradisional yang sudah mulai hilang karena saat ini anak-anak usia sekolah dasar lebih senang bermain permainan modern dan pentingnya menumbuhkan karakter pada anak usia sekolah dasar. Oleh karena itu, diperlukan adanya sosialisasi dan pengarahan terkait permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia sekolah dasar. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membentuk karakter anak usia sekolah dasar melalui permainan tradisional. Metode pengabdian yang digunakan yaitu dengan memberikan bimbingan secara langsung melalui komunikasi efektif kepada anak-anak pada saat melakukan permainan. Hasil dari program pengabdian ini adalah program sosialisasi pentingnya permainan tradisional (SPPT), dan gerakan bermain ceria bersama yang dapat menumbuhkan karakter anak usia sekolah dasar dapat terlaksana dengan baik. Anak-anak dapat bermain dengan ceria dan secara tidak langsung dapat menumbuhkan karakter pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...