Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2022): MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) February 2022

PEMASARAN HIJAU DAN PENINGKATAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA: PENYULUHAN BAGI KELOMPOK UMKM TEGAL ALUR

Ayu Ekasari (Universitas Trisakti)
Deasy Aseanty (Universitas Trisakti)
Debbie Aryani (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pemasaran hijau dan membangkitkan motivasi berwirausaha bagi pengusaha kecil yang tergabung dalam kelompok UMKM Tegal Alur, Jakarta Barat. Dewasa ini pemasar sudah mulai memahami pentingnya praktek pemasaran hijau yang ramah lingkungan, namun belum paham cara penerapannya. Terlebih di masa pandemic, data menunjukkan naiknya tingkat penggunaan plastic sebagai kemasan makanan yang tentu mencemari lingkungan. Di samping itu, dari hasil mapping masalah, walaupun pengusaha telah menjalankan usahanya, namun mereka masih membutuhkan dorongan agar mereka bisa mengembangkan kapasitas dan kemampuan diri, sehingga usaha merekapun lebih berkembang. Kegiatan PKM ini dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom dan dilakukan diskusi/tanya jawab setelah materi selesai disampaikan. Dari hasil jawaban peserta atas kuesioner yang disebarkan setelah penyuluhan, terlihat bahwa peserta sudah memahami praktek pemasaran hijau dan pentingnya menumbuhkan motivasi berusaha, bahkan mereka menginginkan penyuluhan lanjutan yang disertai dengan praktek membuat kemasan ramah lingkungan. Dengan demikian, dapat disimpulkan PKM yang diadakan secara online tetap bermanfaat asalan topik yang diangkat sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mulia

Publisher

Subject

Humanities Dentistry Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

MULIA is a journal devoted to accommodating community service articles carried out by lecturers. Published 2 (two) times a year, every August and February. The focus and scope of the service include Economics, Social, Community and Humanities which are based on community economic development, ...