Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2022): Juni 2022

Pelatihan Penilaian Pembelajaran Sastra untuk Tim MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kota Pekanbaru

Noni Andriyani (Universitas Islam Riau)
Asnawi Asnawi (Universitas Islam Riau)
Wilda Srihastuty Handayani Piliang (Universitas Islam Riau)
Wulandari Eka Putri Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Guru yang kerap memberikan penilaian tanpa rubrik penilaian yang jelas perlu diberikan pelatihan. Maka dari itu, pelatihan ini dikhususkan untuk melatih guru-guru MGMP Bahasa Indonesia se-Kota Pekanbaru dalam membuat rubrik penilaian berdasarkan KD yang ada. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah, tutorial, dan praktik. Dapat dilihat dalam pelatihan ini bahwa guru memiliki beberapa kendala terkait penilaian yang banyak, format yang begitu rumit, dan ditambah lagi waktu yang terbatas untuk penyusunan serta pelaksanaan penilaian berbasis kompetensi yang menyebabkan guru kewalahan ketika memberikan penilaian kepada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, sangatlah penting untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan terkait proses asesmen secara umum dan pembuatan rubrik penilaian materi sastra secara khusus untuk guru-guru SMA. Manfaat pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu guru-guru SMA MGMP Bahasa Indonesia se-Kota Pekanbaru dalam meningkatkan kemampuan penilaian pembelajaran sastra.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sajak

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan gagasan konseptual dari hasil penelitian dan hasil pengabdian kepada masyarakat yang telah dicapai pada bidang sastra, bahasa, dan pendidikan Jurnal Sajak secara khusus menitikberatkan pada permasalahan pokok dalam pengembangan ilmu-ilmu sebagai ...