Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
Vol 2, No. 1: January - June 2021

Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan

Umam Mufti (Magister Pendidkan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Hendro Widodo (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pendidikan Agama Islam di sekolah Muhammadiyah memiliki kekhasan yang berbeda dengan sekolah umum dengan karakteristik Kemuhammadiyahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan kurikulum ISMUBA yang menjadi kekhasan di SD Muhammadiyah Banguntapan. Jenis Penelitian yang digunakan oleh penelitian adalah penelitian kualitatif studi kasus, yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan ragam keadaan yang didapatkan oleh peneliti di lokus penelitian tentang hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum ISMUBA.  Data-data pada peneltian ini bersumber dari guru pengampu mata pelajaran ISMUBA, dan beberapa guru mata pelajaran lain, termasuk kepala sekolah dan guru kelas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum ISMUBA yang diselenggaakan memadukan antara Kurikulum Kemendikbud, Kementrian Agama, dan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan terdiri dari mata pelajaran  Aqidah, Akhlak, Ibadah/Muamalah, Tarikh, Al-Qur’an, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab. Kecenderungan desain kurikulum ISMUBA pada model subject center design. Akan menjadi baik pengembangan pada masa yang akan datang, dikembangkan menjadi bentuk learner center design, dan problem based design. Demikian itu lebih mengintegrasikan pengetahuan peserta didik dengan lingkungan sekitar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiei

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case ...