Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
Vol 2, No. 2: July - December 2021

Analisis proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam daring pada masa pandemi COVID-19 di SD Negeri 5 Tidar

Munaya Ulil Ilmi (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan daring dalam situasi pandemi COVID-19 di SD Negeri 5 Tidar. Penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi pembelajaran daring yang telah dilakukan sebagai bahan pengembangan pembelajaran di era New Normal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel pada penelitian ini adalah 80 siswa yang terdiri dari siswa kelas I sampai dengan kelas VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu, dengan menggunakan angket serta skala Likert. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik presentase, yaitu dengan menghitung presentase pada setiap indikator yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran PAI daring di SD Negeri 5 Tidar mencapai 78 % dengan kriteria "Baik". Demikian itu dapat menjadi sumber evaluasi bagi sekolah dan sebagai bahan terkait efektifitas pembelajaran daring di masa yang akan datang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiei

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case ...