Penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian deskriptif-eksporatif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa berbeda-beda. Siswa dengan karakteristik cara berpikir Acak Abstrak (AA) memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori sangat baik dan mendapatkan hasil tes 95.06. Siswa dengan karakteristik cara berpikir Sekuensial Konkret (SK) memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori baik dan mendapatkan hasil tes 84.72. Siswa dengan karakteristik cara berpikir Sekuensial Abstrak (SA) memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori sangat kurang dan mendapatkan hasil tes 35.55. Siswa dengan karakteristik cara berpikir Acak Konkret (AK) memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori cukup dan mendapatkan hasil tes 56.94. Olehnya itu, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik cara berpikir Acak Abstrak (AA) dan Sekuensial Konkret (SK) lebih baik kemampuan pemecahan masalahnya dibandingkan dengan siswa yang berkarakteristik cara berpikir Sekuensial Abstrak (SK) dan Acak Konkret.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019