Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2020): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

Wiwik Andriani (Universitas Megarezky Makassar)
Muhammad Saedi (Kepala SMA Datok Sulaiman Palopo)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika melalui pendekatan Problem Solving pada siswa kelas X IPA 4 SMA negeri 1 Gowa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Gowa pada semester ganjil pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika dan observasi. Data hasil kemampuan menyelesaikan soal-soal yang terkumpul dibedakan menjadi data kualitatif dan data kuantitatif kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada siklus I sebesar 53,72 ini berarti bahwa skor rata-rata siswa berada pada kategori sangat rendah dengan standar deviasi 14,47. Sedang pada Siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 73,71 ini berarti bahwa skor rata-rata siswa pada kategori sedang dengan standar deviasi 13,15. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan Problem Solving pada siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Gowa dalam proses pembelajaran, maka kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika siswa, kehadiran, kesiapan dan keaktifan siswa dapat meningkat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...