Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Luwuk dengan penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Dimana subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Luwuk yang berjumlah 28 peserta didik. Tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika pada peserta didik yang terdiri tiga indikator, yaitu (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan (3) mengaplikasikan konsep atau algoritma kedalam pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas VII F melalui tes pemahaman konsep matematika. Pada siklus I terlihat bahwa nilai rata-rata kelas adalah sebesar 73,36 dan meningkat menjadi sebesar 90,42 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat menjadi salah satu alternatif dalam proses pembelajaran matematika pada materi segitiga, karena dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020