Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI LINGKARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Yuni Kartika Kountul (LKP Widyagama Luwuk)
Edy Wibowo (Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran viedo berbasis Sparkol Videoscribe dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Balantak.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan pada pengembangan media pembelajaran matematika. Hasil validasi oleh tim validator yang terdiri dari 3 ahli materi dan 3 ahli media, media pembelajaran video berbasis sparkol videoscribe memperoleh nilai rata-rata 3,77 dengan kriteria “valid” dari penilaian ahli materi dan memperoleh nilai rata-rata 3,97 dengan kriteria “valid” dari penilaian ahli media. Kemudian hasil uji kelayakan produk yang diujikan kepada peserta didik di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Balantak yang dikelompokan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 kriteria “sangat menarik” dan hasil uji coba pada guru diperoleh hasil rata-rata 3,83 dengan kriteria “sangat menarik”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...