Mahira
Vol. 2 No. 1 (2022)

Kecemasan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Sholeha, Fathma Zahara (Unknown)
Al Baqi, Safiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Kecemasan belajar merupakan tekanan-tekanan yang dialai oleh siswa saat menjali proses belajar, termasuk dalam proses belajar bahasa Arab. Kecemasan bahasa menjadi masalah karena kecemasan bisa mempengaruhi banyak aspek lain dalam diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik yang kemudian menyebabkan kecemasan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab. metode yang digunakan adalah literature review dengan menggunakan data-data berupa buku, jurnal dan referensi lain. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Penelitian menunjukkan bahwa tujuan utama seseorang mempelajari bahasa Arab yaitu agar mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Sedangkan motivasi mempelajari Bahasa Arab diantaranya mempelajari bahasa utama agama Islam, ketika ingin berkunjung ke negara Arab dan mempelajari karya ulama Arab. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kecemasan peserta didik dalfaktoram belajar bahasa Arab, yaitu faktor psikologis, situasi ini terjadi ketika siswa diharapkan dapat berkomunikasi dengan orang lain; faktor instruksional, yaitu prosedur kelas yang diterapkan dan hubungan guru-siswa, dan faktor situasional seperti bicara depan kelas. Kecemasan yang dialami akan berdampak pada beberapa hal seperti kepercayaan diri peserta didik saat berbicara bahasa Arab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mahira

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MAHIRA : Journal of Arabic Studies is a journal orginazed by Department of Arabic Teaching, Faculty of Tarbiyah and published by Islamic Institute of Riyadlotul Mujahidin Ngabar. It only publishes original papers (no plagiarism) of literature and field research related to Arabic Studies . it focuses ...