JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 20, No 1 (2014)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA DI SD DENGAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS MASALAH

Adi Suarman Situmorang (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual untuk pengajaran matematika melalui strategi pemberian LKS berbasis masalah di Sekolah Dasar (SD) dan dilanjutkan dengan penelusuran landasan teoritik dan empirik agar dapat dipergunakan sebagai dasar untuk memecahkan masalah kurangnya pemahaman matematis siswa Sekolah Dasar, sehingga siswa memiliki literasi tentang sains dan teknologi. Implementasi pembelajaran kontekstual ini merupakan salah satu inovasi desain pembelajaran yang mengarah pada paradigma konstruktivisme yang mengacu pada kurikulum 2013. Pada hakekatnya, pembelajaran ini tidak akan menjadikan siswa Sekolah Dasar sebagai ahli dalam bidang sains khususnya matematika tetapi untuk mempersiapkan siswa untuk memiliki kemampuan pemahaman matematis dan berpikir logis sesuai dengan pemikiran inkuiri keilmuan. Dengan pembelajaran ini, siswa juga diharapkan mampu memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya sehingga siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan kemapuan pemahaman konsep matematis. Dengan kata lain, sisiswa memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.Kata kunci: Pembelajaran kontekstual, LKS berbasis masalah, matematika, SD.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...