Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Stop Think Do terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Tebing Tinggi pada materi pokok Besaran dan Satuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (X1 dan X5 ) yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berjumlah 20 item bentuk pilihan ganda dengan 5 option, dan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,50 dan kelas kontrol adala 44,38. Setelah diberi perlakuan berbeda kepada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata postes 72,13, dengan standar deviasi 11,03 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol 66,25 dengan standar deviasi 11,94 artinya ada peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 29,63 atau sebesar 8,87 %. Hasil pengujian dengan uji beda nilai postes kedua kelas diperoleh thitung (2,212) > ttabel (1,994), dengan = 0,05, maka hipotesis (Ha) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Stop Think Do terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan kelas X SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2009/2010. Hasil observasi aktivitas belajar siswa secara komprehensif melalui lembar observasi pada pembelajaran Stop Think Do mencapai kriteria aktif sedangkan untuk kelas kontrol kriteria cukup aktif.
Copyrights © 2012