JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 18, No 1 (2012)

PENGARUH METODE STOP THINK DO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN KELAS X SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI

Ratna Tanjung (Unknown)
Fibririn Corina Rambe (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  metode Stop Think Do terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X  SMA Negeri 4 Tebing Tinggi pada materi pokok Besaran dan Satuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (X1 dan X5 ) yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen penelitian  ini adalah  tes hasil belajar  berjumlah 20 item  bentuk pilihan ganda dengan 5 option, dan lembar observasi.  Uji hipotesis menggunakan uji t.  Berdasarkan analisis data diperoleh  nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,50 dan  kelas kontrol adala 44,38. Setelah diberi perlakuan berbeda kepada kedua kelas   diperoleh nilai rata-rata postes 72,13, dengan standar deviasi 11,03 untuk kelas eksperimen dan   kelas kontrol 66,25 dengan  standar deviasi 11,94 artinya ada peningkatan  hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 29,63 atau sebesar 8,87 %. Hasil pengujian dengan uji beda nilai postes kedua kelas diperoleh thitung (2,212) > ttabel (1,994), dengan  = 0,05, maka hipotesis  (Ha) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Stop Think Do terhadap hasil belajar siswa pada  materi pokok besaran dan satuan kelas X  SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2009/2010. Hasil observasi aktivitas belajar siswa secara komprehensif melalui lembar observasi pada pembelajaran Stop Think Do mencapai kriteria aktif sedangkan untuk kelas kontrol  kriteria cukup aktif.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...