JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 25, No 1 (2019)

MEMINIMALKAN MISKONSEPSI PADA TOPIK GAYA, USAHA DAN ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE

. Mursalin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Artikel hasil penelitian eksperimen ini mendeskripsikan tentang upaya untuk meningkatan pemahaman konsep peserta didik dan meminimalkan miskonsepsi siswa pada topik Gaya, Usaha dan Energi dengan menggunakan smartphone android. Penelitian ini menggunakan rancangan kelompok dengan model pretest-posttest control group design. Subyek penelitian sebanyak 30 orang peserta didik kelas eksperimen dan 30 orang peserta didik kelas kontrol dari suatu sekolah di Gorontalo yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan alasan terbuka. Analisis data pretest-posttest dilakukan dengan menggunakan uji beda rerata gain ternormalisasi sedangkan analisis profil konsepsi peserta didik dilakukan dengan teknik Certainty of Response Index (CRI). Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran smartphone lebih efektif meningkatkan pemahaman konsep dan meminimalkan miskonsepsi peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...