Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
2016: Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)

Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 4 Sidoarjo

Prabowo, Chandra Adi (Unknown)
Ibrohim, I (Unknown)
Saptasari, Murni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2016

Abstract

Pembelajaran abad 21 bertujuan mempersiapkan siswa agar mampu memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi pada masa yang akan datang. Pembelajaran abad 21 menuntut siswa untuk menjadi pelajar aktif (active learners). Dalam konteks pembelajaran sains, pembelajaran berorientasi untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam mendapatkan dan mengolah informasi melalui pola berpikir yang sistematis. Siswa dituntut untuk memiliki keterampilan terintegrasi dalam melakukan proses sains seperti mengidentifikasi variabel, menafsirkan data, merumuskan hipotesis, mendefinisikan secara operasional, dan melakukan percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains terintegrasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah siswa jurusan MIA kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo yang berjumlah 229 siswa. Keterampilan proses sains diukur dengan menggunakan tes keterampilan proses sains terintegrasi yang meliputi lima aspek keterampilan proses sains terintegrasi. Hasil analisis keterampilan proses sains siswa menunjukkan pencapaian keterampilan proses sains siswa masih tergolong rendah dan perlu untuk ditingkatkan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

snpbs

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) adalah Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah ...