Sangkalemo
Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Januari

Implementasi Metode Integrated Curriculum dengan Pendekatan Saintifik pada Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN 5 Sungai Besar Banjarbaru di Masa Pandemi Covid-19

Rakhmad (SDN 5 Sungai Besar Banjarbaru)
Laila Rahmawati (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Metode Integrated Curriculum dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran daring. Bentuk metode penggabungan dari beberapa mata pelajaran untuk mengefisienkan waktu dan mengoptimalkan essensial materi yang diajarkan kepada siswa. Tujuan dari penerapan metode ini adalah untuk membuat siswa dapat menciptakan pengalaman belajar lebih baik mulai dari kegiatan mengamati/ obvervasi, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan sehingga dapat menciptakan pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna dan mempu mengolah kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas IV di SDN 5 Sungai Besar Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan dan dokumentasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah hamper seluruh siswa berperan aktif dalam tercapaian tujuan pembelajaran menggunakan metode dan pendekatan ini selama proses pelaksanaan pembelajaran daring. Sehingga integrated curriculum dengan pendekatan santifik dapat menjadi referensi metode dan pendekatan yang tepat untuk materi lainnya agar proses pembelajaran di masa covid-19 ini dapat optimal dan dapat meningkatkan kemampuan kreatifitas, kemandirian, inovatif, kolaboratif, pemecahan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dan mengasah kemampuan komunikasi siswa, baik tulisan maupun lisan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SANGKALEMO

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sangkalemo aims to serve the needs of information of children education practitioners, including classroom teachers, teacher educators, and policymakers. Publishing evidence-based research around Indonesia, education system issues, this journal dedicated to improving the quality, standard and access ...