Quantum : Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya
Vol 1, No 2 (2021)

Modul Biologi Dasar Berbasis Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa

Rindah Permatasari (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Abstract: Entering the Revolutionary Era 4.0, humans are required to master various soft skills, including skills in managing self-awareness or metacognitive skills. This paper describes how the learning module based on metacognitive skills can improve student cognitive abilities on cell structure and function material in the basic concepts of IPA 2 at STKIP Melawi. This study had a one group pre-post design with quasi quantitative research types and involved 21 PGSD’s students at STKIP Melawi. The research technique is the form of a test using the learning outcome test questions. The research data were analyzed descriptively using quantitative data. From the experiment results, the students achievement before implementing the metacognitive skills-based learning module were 50.95 with a less category and an increase of 0.95 with a moderate category at a value of 82.86 with a very good category. The data describes the module based on metacognitive skills which can improve student achievement in the concept of cell structure and function.Keywords: Module, metacognitive skills, cognitive abilitiesAbstrak: Memasuki Era Revolusi 4.0, banyak orang dituntut untuk mengusai berbagai soft skill tak terkecuali keterampilan dalam mengatur diri atau keterampilan metakognitif. Tulisan ini memaparkan bagaimana modul pembelajaran berbasis keterampilan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa pada materi struktur dan fungsi sel pada mata kuliah konsep dasar IPA 2 di STKIP Melawi. Penelitian ini berdesain one group pre-post dengan jenis penelitian kuantitatif semu dan melibatkan 21 mahasiswa PGSD di STKIP Melawi. Teknik penelitian berupa tes dengan menggunakan lembar tes kemampuan kognitif mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif menggunakan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar sebelum diterapkan modul pembelajaran berbasis keterampilan metakognitif adalah 50.95 dengan kategori kurang dan meningkat sebesar 0.95 dengan kategori sedang pada nilai 82,86 dengan kategori sangat baik. Dari data tersebut mendeskripsikan modul dengan basis keterampilan metakognitif dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada konsep struktur dan fungsi sel.Kata-kata kunci: Modul, keterampilan metakognitif, kemampuan kognitif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

QJIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Social Sciences Other

Description

Quantum: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QJPIA) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan Pendidikan IPA. Scope dari QJPIA terdiri dari: Pendidikan Fisika (Inovasi Pembelajaran Fisika, Penilaian dan Evaluasi dalam Fisika, Media dan bahan ajar Fisika, Kurikulum Fisika ...