AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 11, No 3 (2022)

PEMBELAJARAN TEORI GRUP BERBASIS BLENDED LEARNING

Syarifah Fadillah (IKIP PGRI Pontianak)
Jamilah Jamilah (IKIP PGRI Pontianak)
Nurmaningsih Nurmaningsih (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Kemampuan pembuktian dan penalaran matematis mahasiswa pada konsep grup masih rendah, dan untuk meningkatkannya diperlukan rancangan Subject Specific Pedagogy (SSP) yang dapat menunjang mahasiswa untuk dapat belajar dengan baik sehingga kemampuan mereka dapat meningkat. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. SSP yang dikembangkan terdiri dari: (1) Rencana Perkuliahan Semester (RPS) berbasis blended learning, (2) buku ajar, (3) Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), (4) video pembelajaran, dan (5) assessmen pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester lima yang mengambil mata kuliah teori grup pada program studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Hasil analisis kevalidan menunjukkan bahwa SSP yang dikembangkan valid dengan beberapa saran perbaikan. Hasil analisis kepraktisan yang diperoleh dari hasil angket respon mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran, menunjukkan bahwa SSP berbasis blended learning ini praktis dengan kriteria baik. Hasil analisis keefektifan SSP yang diperoleh dari hasil tes mahasiswa dan diuji dengan menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa SSP efektif dalam meningkatkan kemampuan pembuktian dan penalaran matematis mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SSP berbasis blended learning dapat digunakan dalam perkuliahan teori grup untuk menunjang kemampuan pembuktian dan penalaran matematis mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...