AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 11, No 3 (2022)

ETHNOMATHEMATICS UKIRAN DAYAK KENYAH

Jero Budi Darmayasa (Universitas Borneo Tarakan)
Irianto Aras (Universitas Borneo Tarakan)
Dedy Arifaini Tharmidji (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara)
Irnovita Netiana (Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat pada Ukiran masyarakat Dayak Kenyah di Kalimantan Utara. Jenis penelitian yang dipilih adalah studi kasus dengan unit analisis masyarakat Dayak Kenyah yang melakukan aktivitas di wilayah Kabupaten Bulungan. Adapun informan kunci dalam penelitian ini adalah tokoh adat, tokoh masyarakat, bidang kebudayaan, serta tukang ukir, dan warga masyarakat yang memahami tentang seluk beluk ukiran Dayak kenyah. Wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik pengumpulan data, penyajian data, data reduksi, dan pengambilan kesimpulan. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu adanya konsep pencerminan pada ukiran Gapura Desa Tradisional, pada tameng (perisai), serta pintu rumah salah satu warga Desa Teras Nawang; Konsep titik (titik pangkal) pada ukiran dinding Balai Adat, Konsep pergeseran (translasi) pada ukiran bagian luar rumah adat, Konsep As (simetri) serta pemanfaatan konsep koordinat cartesius dalam aktivitas mengukir oleh seniman Dayak Kenyah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...