Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pelaksanaan pembelajaran kreativitas melalui kegiatan menggambar; dan(2) meningkatkan kreativitas anak dengan menggunakan kegiatan menggambar. Jenis penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang ada di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu InsanKamil yang berjumlah 25 anak. Objek. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasidan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil kreativitas anak dilihat pada siklus pertama pertemuan I mencapai nilairata-rata 52,63% dengan kategori anak sudah mulai berkembang, pada pertemuan kedua siklus I nilai rata-rata mencapai68,88%, sedangkan rata-rata perolehan persentase pade siklus I mencapai 58,96% dengan katagori berkembang sesuaiharapan. Pada siklus kedua pertemuan pertama nilai rata–rata yang di peroleh sebesar 74,44% dan pada siklus II pertemuankedua mencapai nilai rata-rata 83,88%. Sedangkan rata–rata perolehan persentase pada siklus ke II mencapai nilai sebesar79,17% dengan katagori berkembang sangat baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil lembarobservasi siklus I masih dikatakan belum berhasil karena perolehan persentase siswa belum mencapai nilai keberhasilanyang diharapkan dengan demikian peneliti dilanjutkan lagi pada siklus II dan pada siklus ke II ini perolehan persentasesudah mencapai kriteria keberhasilan yang di harapkan yaitu 75%. Dengan demikian bahwa melalui kegiatan menggambarkreativitas anak usia dini kelas B di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Insan Kamil dapat meningkat.Kata Kunci: Kreativitas, Menggambar, Anak Usia Dini
Copyrights © 2021