Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran melipat kertas pada keterampilan motorik halus, untuk mengetahui keterampilan motorik halus dengan melalui kegiatan melipat kertas, di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Permata Segilik tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 anak. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif antara peneliti dengan guru kelas.MetodeĀ penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) instrument penelitian yang digunakan yaitu bentuk instrument non tes yang digunakan adalah lembar observasi digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan pengamatan di dalam kelas, teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptik kualitatif. Data yang diperoleh skor perolehan dengan menggunakan lembar observasi kegiatam keterampilan motorik halus muncul pada saat proses kegiatan melipat anak sesuai pernyataan dari setiap indicator-indikator perkembangan motorik halus dan dokumentasi berupa foto saat kegiatan belajar dan bermain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I memperoleh nilai 24,99% dan pada siklus II terdapat peningkatan keterampilan motorik halus pada anak memperoreh 74,99% oleh karena itu, Keterampilan motorik halus anak sudah meningkat pada kreterian Berkembang Sangat Baik. Keterampilan motorik halus di PAUD Permata SegilikĀ meningkat.
Copyrights © 2021