Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan pedekatan one group pretest-posttest design, subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B, TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Ella Hilir yang berjumlah 17 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh kemampuan kosa kata anak dengan menggunakan permainan kartu bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media kartu bergambar berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan kosa kata anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Ella Hilir. Pengaruh perkembangan kosa kata dilihat dari hasil uji hipotesis adalah sebagai berikut: (1) uji deskriptif, dari 17 responden nilai siswa terkecil pada pre test (minimum) yaitu 50,00 dan nilai siswa tertinggi (maksimum) 75,00. Sedangkan pada post test nilai terkecil (minimum) yaitu 75,00 dan nilai tertinggi (maksimum) 100. dengan standar deviasi pada pre test 9,76 dan pada post test 12,68, (2) uji wilcoxon match pair test berdasarkan luaran “test statistics”, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode permainan kartu bergambar terhadap perkembangan kosa kata anak usia 5-6 tahun, (3) uji regresi diperoleh nilai Sig. = 0,000a berarti kriteria signifikan (0,05), dengan demikian model persamaan regresi berdasarkan data penelitian adalah signifikan, artinya model regresi linier memenuhi kriteria linieritas, (4) uji N – Gain, dari perhitungan gain di peroleh nilai sebesar 0,650 data tergolong sedang. Dari hasil penelitian terdapat pengaruh permainan kartu bergambar terhadap perkembangan kosa kata anak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021