Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembentukan karakter positif peserta didik pada masa sekarang dirasa sangat perlu dilakukan karena globalisasi yang terjadi pada masa semua lini berdampak pada tantangan dan pengaruh yang besar baik secara langsung maupun tidak yang berpengaruh positif maupun pengaruh negatif. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti Analisis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD/MI Rumusan Masalah dalam penelitian ini bagaimana penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD/MI.? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD/MI. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Dengan instrument penelitian tabel analisis jurnal yang terkait dengan topic yang telah dipilih. Hasil penelitian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terdiri dari lima nilai utama diantaranya Religius, Nasionalis, Gotong Royong, Integritas dan Mandiri. langkah-langkah dan penerapan pendidikan karakater yang di integrasikan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berupa pengembangan kompetensi dasar yang di integrasikan dengan pendidikan karakter, mengintegrasikan antara budaya lokal dikembangkan sesuai kompetensi dasar, pengintegrasian nilai-nilai karakter melalui mencantumkan nilai-nilai karakter ke dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Copyrights © 2021