Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI B SD St. Yosef Sidikalang tahun ajaran 2019/2020 dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI B SD St. Yosef Sidikalang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga (3) siklus dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan teknik pengumpulan data yang berbentuk kuantitatif berupa data-data yang disajikan berdasarkan angka-angka menggunakan analisis deskriptif. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat setelah diberi tindakan. Persentase keaktifan belajar siswa berdasarkan observasi pra siklus untuk siswa yang kategori tinggi 15 %, sedang 35 %, dan rendah 55 % dengan rata-rata nilai 5,85. Sedangkan pada siklus I rata-rata nilai keaktifan mencapai 6,10 mengalami peningkatan sebesar 19,56 % dari pra siklus. Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 39%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata keaktifan belajar dari siklus I sebesar 1,09 dari 6,10 menjadi 7,19 atau sebesar 36,9%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 58,6% mengalami peningkatan sebesar 19,6 %. Pada siklus III peningkatan keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 1,13 dari 7,19 menjadi 8,32 atau sebesar 67,3 %. Kenaikan keaktifan belajar siswa dari siklus II ke siklus III sebesar 30,2 % Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus III sebesar 93% mengalami peningkatan sebesar 34,4 % dari siklus II sebesar 58,6 %.
Copyrights © 2022