cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+6281267058001
Journal Mail Official
tonni.budidarma@gmail.com
Editorial Address
Yayasan Seri Amal Medan Jl. Hayam Wuruk Medan Kota email : seriamalmdn@yahoo.co.id Telephone : 061-4533294
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 28078896     DOI : 10.54367
Core Subject : Education,
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan is an online media for publishing scientific articles from research results, theses, dissertations and review journals. Each article published in the Image of Education and Learning is first carried out with a Plagiarism Screening process with a maximum amount of plagiarism of 25%.
Articles 77 Documents
MEMBUMIKAN LITERASI BUDAYA DENGAN ANJUNGAN KEARIFAN LOKAL DI SMP SWASTA PUTRI CAHAYA MEDAN Sinurat, Mualdin; Ayu N, Angelia Dhara; Siregar, Felicia Rebecca
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.561 KB) | DOI: 10.53842/qvj.v1i1.1

Abstract

Literasi budaya adalah kegiatan literasi untuk meningkatkan kemampuan memahami, menghargai, menganalisis, dan menerapkan pengetahuan tentang kebudayaan. Kegiatan ini dapat dilakukan untuk mengatasi masalah rendahnya kecintaan dan pemahaman para siswa terhadap budaya daerahnya serta budaya daerah lainnya di Indonesia. Untuk itu perlu dilakukan penelitian yang memberikan salah satu metode alternatif yaitu membumikan literasi budaya menggunakan anjungan kearifan lokal dengan tujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi dan perkembangan literasi budaya siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa 95,8% dengan kategori sangat baik serta perkembangan literasi budaya berdasarkan respon siswa untuk aspek ketertarikan terhadap model, keinginan membaca, keinginan mencari bahan, penguasaan materi budaya daerah dan kebutuhan berkelanjutan memiliki rata-rata 86,8 % dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa literasi budaya menggunakan anjungan kearifan lokal memberikan tingkat partisipasi siswa sangat baik dan perkembangan literasi budaya siswa sangat baik. Dengan demikian metode pelaksanaan literasi ini layak digunakan untuk literasi budaya siswa di sekolah.
ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING SD DI YAYASAN SERI AMAL MEDAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Tamba, Losten
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.256 KB) | DOI: 10.53842/qvj.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis proses pembelajaran daring di sekolah dasar yang dikelola Yayasan Seri Amal Medan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif pada bulan Juni 2021 kepada siswa kelas 4 dan 5 SD Santo Antonius 1 dan 2 Medan, SD St. Paulus Sidikalang, SD Santo Pius Parsoburan, dan SD Santo Ignatius Medan yang berjumlah 621 siswa (responden). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket skala likert yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran daring. Data dianalisis dengan menghitung proporsi setiap pilihan instrumen. Dari penelitian ditemukan bahwa (a) pembelajaran didominasi dengan penggunaan whattsApp (WA), (b) sebagaian besar pembelajaran siswa didampingi oleh orangtua, (c) waktu melakukan pembelajaran dilakukan dengan tepat sesuai alokasi waktu, (d) guru menyampaikan materi dengan jelas namun perlu menggunakan model/strategi pembelajaran yang lebih tepat, dan (e) guru melakukan penilaian sesuai tujuan dengan bahasa yang mudah dipahami.
PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM KOLOID Manalu, Ester Trisna
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.504 KB) | DOI: 10.53842/qvj.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum kimia berbasis kontekstual terintegrasi nilai-nilai karakter dan uji coba penuntun praktikum yang telah dikembangkan dilakukan SMA Cahaya Medan. Penelitian dimulai dari analisis penuntun praktikum kimia di sekolah, pengembangan, validasi, revisi dan uji coba penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh (1) Berdasarkan hasil analisis buku penuntun praktikum kimia pada materi sistem koloid penerbit Erlangga, Pudak Scientific, Duta Nusantara dan Laskar Aksara belum sesuai dengan BSNP, (2) Berdasarkan BSNP penuntun praktikum yang dikembangkan lebih valid dibandingkan dengan penuntun praktikum kimia yang digunakan di sekolah, (3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif, menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan 0,73, dengan penuntun praktikum kimia yang digunakan sekolah 0,63, (4) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek psikomotorik menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan sebesar 91 dengan penuntun praktikum kimia yang digunakan sekolah sebesar 85 dan ditinjau dari aspek afektif menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan sebesar 92 dengan penuntun praktikum kimia yang digunakan sekolah sebesar 81.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS VII SMP ST. IGNASIUS MEDAN Tamba, Paian
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.019 KB) | DOI: 10.53842/qvj.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kela VII SMP St. Ignasius Medan T.P. 2019/2020. Subjek pada penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-3 SMP St. Ignasius Medan yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran inquiri terbimbing pada materi kalor dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 87 dan siklus II sebesar 90. Dengan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 76 % dan siklus II sebesar 100% dengan indikator keberhasilan seluruh siswa mencapai KKM.
PEMEROLEHAN SEMANTIK LEKSIKAL SISWA SEKOLAH DASAR Manik, Ricky Mangaranap T.M.
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.811 KB) | DOI: 10.53842/qvj.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan leksikal siswa di tingkat sekolah dasar yaitu di tingkat atau di kelas lima (V), untuk melihat kesesuaian makna yang diberikan siswa dengan makna kamus, untuk melihat perbedaan makna kata yang diberikan siswa laki-laki dan siswa perempuan, untuk melihat perbedaan makna kata yang diberikan siswa laki-laki dan siswa perempuan berdasarkan tingkat ekonomi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif yaitu suatu metode yang memecahkan masalah dengan jalan mengumpulkan data, menyusun dan mengklasifikasikannya, menganalisis serta mengin-terpretasikannya. Instrumen/alat pengumpul data yang tepat digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada usia kelas 5 SD, siswa belum memiliki kemampuan berbahasa yang sempurna untuk bisa menerangkan konsep rumit yang memerlukan penjelasan yang mendalam.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PETUALANGAN GRUP MENGGUNAKAN MEDIA PANTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Mualdin Sinurat
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022): Volume 2 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1097.309 KB)

Abstract

Karya tulis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Petualangan Grup menggunakan Media PANTASI adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan petualangan secara grup dan menggunakan media Papan Transformasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan partisipasi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (2) meningkatkan motivasi belajar, dan (3) meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen semu. Perolehan data dilakukan dengan mengunakan tes awal (pretes) sebelum materi disampaikan dan tes akhir (postes) dilakukan pada pertemuan ke 5. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Rumus N-gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Petualangan Grup dengan menggunakan media PANTASI dapat meningkatkan keaktifan siswa yang ditunjukkan persentase melakukan aktivitas berdiskusi/bertanya antara siswa dengan temannya dan antara siswa dengan guru mencapai 29,17% dari waktu yang tersedia, peningkatan motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata 74,29% dengan kategori tinggi serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan rata-rata kelas 87.83 dengan persentase 100% siswa mecapai nilai diatas KKM KD. Peningkatan kemampuan hasil belajar matematika siswa dilihat dari N-gain diperoleh hasil peningkatannya sebesar 0,71 . Dari data tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Petualangan Grup Menggunakan Media PANTASI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan kategori tinggi.
TINGKAT KEPUASAN KEPEMIMPINAN YAYASAN SERI AMAL MEDAN TAHUN 2020 MENURUT KEPALA SEKOLAH TK, SD, SMP, DAN SMA Losten Tamba
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2022): Volume 2 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.422 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan kepemimpinan Ketua Yayasan Seri Amal Medan. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif. Penelitian  dilakukan pada bulan Nopember 2020 kepada Kepala Sekolah yang di unit TK, SD, SMP, dan SMA yang dikelola Yayasan Seri Amal Medan, Jalan Hayam Wuruk 11 Medan. Jumlah responden adalah 11 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dengan lima option yang berjumlah 35 pernyataan. Data dianalisis dengan mentabulasi dan menjumlahkan setiap pilihan maupun secara keseluruhan dengan kriteria berikut: 90-100 (sangat baik), 80-89 (baik), 65-79 (cukup baik), di bawah 65 (kurang). Tingkat kepuasan kepemimpinan Ketua Yayasan Seri Amal Medan oleh Kepala Sekolah di unit TK, SD, SMP, dan SMA yang dikelola Yayasan Seri Amal Medan tergolong sangat baik yaitu skor 90,44.
PENGAPLIKASIAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI GERHANA MATAHARI DAN BULAN DI KELAS VI B SD ST. YOSEF SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI T.P /2020 Pasaribu, Alex D.
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.631 KB) | DOI: 10.53842/qvj.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI B SD St. Yosef Sidikalang tahun ajaran 2019/2020 dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI B SD St. Yosef Sidikalang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga (3) siklus dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan teknik pengumpulan data yang berbentuk kuantitatif berupa data-data yang disajikan berdasarkan angka-angka menggunakan analisis deskriptif. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat setelah diberi tindakan. Persentase keaktifan belajar siswa berdasarkan observasi pra siklus untuk siswa yang kategori tinggi 15 %, sedang 35 %, dan rendah 55 % dengan rata-rata nilai 5,85. Sedangkan pada siklus I rata-rata nilai keaktifan mencapai 6,10 mengalami peningkatan sebesar 19,56 % dari pra siklus. Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 39%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata keaktifan belajar dari siklus I sebesar 1,09 dari 6,10 menjadi 7,19 atau sebesar 36,9%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 58,6% mengalami peningkatan sebesar 19,6 %. Pada siklus III peningkatan keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 1,13 dari 7,19 menjadi 8,32 atau sebesar 67,3 %. Kenaikan keaktifan belajar siswa dari siklus II ke siklus III sebesar 30,2 % Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus III sebesar 93% mengalami peningkatan sebesar 34,4 % dari siklus II sebesar 58,6 %.
ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI YAYASAN SERI AMAL MEDAN Tamba, Alvin Gratianus
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.315 KB) | DOI: 10.53842/qvj.v1i2.9

Abstract

Analisis proses pembelajaran daring dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran berlangsung secara daring (dalam jaringan) yang meliputi proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Penelitian tersebut dilaksanakan di SMA Cahaya Medan, SMA Ignatius Medan, dan SMA St. Petrus Sidikalang. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu guru, siswa dan kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pengolahan angket/kuesioner yang didukung dengan dokumentasi yang diperoleh dari sekolah. teknik analisis data dilakukan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian melalui angket/kuesioner diperoleh bahwa sekitar 11,43% menggunakan media Google Meet, 60,25% menggunakan media zoom, 25,77% menggunakan media WhatsApp, 2,17% menggunakan Microsoft Teams, dan 0,36% menggunakan media Edmodo sebagai alat pendukung dalam melakukan pembelajaran daring matematika terkait turunan fungsi. Kemudian penulis juga memperoleh data yang menunjukkan sejauh mana proses pembelajaran daring matematika materi turunan fungsi dapat dilakukan oleh guru dan siswa menggunakan skala linier dengan nilai 3,45 dibulatkan menjadi 4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru sering merencanakan serta melaksanakan proses pembelajaran daring matematika materi turunan fungsi dengan baik. Kemudian guru memberikan tes kepada siswa sebagai sebagai bentuk penilaian guru tingkat pemahaman siswa terhadap materi turunan fungsi. Dari hasil penilaian guru terhadap siswa diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa dalam mempelajari materi turunan fungsi mulai dari pengenalan turunan fungsi hingga pengaplikasian turunan fungsi berada pada tingkat sedang
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-20 MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS B TK FAJAR MEDAN Sinaga, Elverida; Aritonang, Martha
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.635 KB) | DOI: 10.53842/qvj.v1i2.10

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan 1-20 Melalui Media Gambar di Kelas B TK Fajar Medan”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-20 melalui media gambar di kelompok B TK Fajar Medan? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media gambar melalui kegiatan pemberian tugas di TK Fajar Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Manfaat penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan keilmuan dan pengembangan profesi pendidik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-20 melalui media gambar diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa yang dapat dipersentasekan pada siklus I 56,25%, dan siklus II naik lagi menjadi 93,75%. Kegiatan mengenal konsep bilangan melalui media gambar dapat meningkatkan kreativitas terutama pada kreativitas di bidang kognitif maupun melalui pemberian tugas serta dapat meningkatkan rasa percaya diri kemampuan pada diri anak sehingga dapat membantu perkembangan atau pertumbuhan bagi anak TK.