Journal of Mathematics Education and Science
Vol. 5 No. 2 (2022): Journal of Mathematics Education and Science

Implementasi Alat Peraga Abang Oleng Pada Pembelajaran Pengukuran Berat Tidak Baku di Jenjang Sekolah Dasar

Mevianda Cahya Resqueta (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ninik Mutianingsih (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2022

Abstract

Alat peraga merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dengan tujuan mengurangi keabstrakan konsep matematika. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mengetahui implementasi alat peraga abang oleng terhadap hasil belajar matematika jenjang sekolah dasar pada pembelajaran pengukuran berat tidak baku. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design menggunakan pre-test dan post-test. Siswa kelas I SD Tunas Bhakti 26 Surabaya dan SD Unggulan Al Multazam Surabaya terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui teknik tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa, sedangkan hasilnya dianalisis menggunakan SPSS. Hasil perhitungan uji-t dengan SPSS diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan menggunakan alat peraga abang oleng pada mata pelajaran pengukuran berat tidak baku sangat baikĀ  digunakan di jenjang sekolah dasar ditinjau dari hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JaMES

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April & October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature ...