Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest posttest, prosedur pengumpulan data melalui test dan observasi. Berdasarkan hasil analisis pada pengujian hipotesis diterima, dilakukan pengujian dengan uji-t. dan hasil perhitungan uji hubungan antara kedua data atau hubungan variabel sebelum dan sesudah diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 16,247 dengan nilai signifikasi sebesar 2,086. Karena nilai sig. 2,086 > probabilitas 0,05, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Hi diterima. Oleh karena thitung lebih besar dari ttabel dan tidak berada pada daerah penerimaan. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan anak mengenal huruf sebelum dan sesudah menggunakan metode bernyanyi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022