DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 3 No. 2 (2022): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sejarah di MAN 1 BIMA

Nurnaningsih Nurnaningsih (STKIP Taman Siswa Bima)
Muhammad Muhammad (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh profesionalisme guru terhadap proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi sejarah. Metode penelitian menggunakan metode Ex Post Facto dengan logika dasar jika X maka Y (Jika profesionalisme guru tinggi maka hasil belajar siswa meningkat/tinggi). Data penelitian diperoleh melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas XI IPS yang dipilih secara acak, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang siswa. Hasil penelitian iniĀ  menunjukkan bahwa F hitung sebesar 74,163 > F table pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,938 ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dalam bidang studi sejarah dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 1 Bima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...