Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Rasna Anna Rasyid (Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pinrang)
Muhammad Anwar (Universitas Negeri Makassar)
Musdalifah Musdalifah (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Kimia  pada materi Kesetimbangan Kimia peserta didik kelas XI IPA 6 melalui penerapan Model Problem Based Learning di SMAN 8 Pinrang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 6  dengan jumlah peserta didik 18 orang. Metode yang digunakan  diskusi dengan pendekatan saintifik-TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran di setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia peserta didik Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 8 Pinrang  pada  akhir siklus I nilai rata rata 63 dengan ketuntasan mencapai 55,56% , nilai rata- rata hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 74 dengan  ketuntasan mencapai 72,2%, dan pada siklus III nilai rata rata mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 80,83  dan ketuntasan mencapai 88,89%. Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...