Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Kimia melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas X DKV 1 di SMK Miftahul Huda II Jatinagara.  Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas dengan model yang dibuat oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X DKV 1 dengan jumlah 15 peserta didik. Tindakan yang diberikan pada penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik observasi dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini, sedangkan teknis analisis deskriptif kualitatif digunakan dalam menganalisis data yang telah terkumpul. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik kelas X DKV 1 SMK Miftahul Huda II Jatinagara mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada saat pembelajaran Kimia. Pada siklus I, rata-rata persentasi keaktifan belajar peserta didik yaitu 63,61%. Pada siklus II, rata-rata persentasi keaktifan belajar peserta didik yaitu 82,74%. Sedangkan pada siklus III, rata-rata persentase keaktifan belajar peserta didik yaitu 90,48%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022