Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 3 MAMUJU

Dewanri Fattah (Sekolah Menengah Atas Negeri 3 MAMUJU)
Netti Herawati (Universitas Negeri Makassar)
Makmur Makmur (Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Takalar)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi ikatan kimia dengan menggunakan pendekatan STEAM di kelas X IPA SMA Negeri 3 Mamuju. Subjek yang digunakan kelas X IPA  SMA Negeri 3 Mamuju dengan jumlah peserta didik 13 orang. Secara garis besar terdapat empat tahapan PTK, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Peserta didik secara keseluruhan berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran materi ikatan kimia melalui diskusi kelompok berdasarkan masalah yang didapat. Berdasarkan analisis data diperoleh peningkatan persentase motivasi belajar peserta didik pada siklus I 44,83% dan pada siklus II 72,41% . Hal ini menandakan bahwa peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Mamuju sangat termotivasi dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...