Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2021/2022”. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre eksperimen bentuk one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X yang dimana terdiri 216 siswa pada 6 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah satu kelas X yang dipilih secara acak yaitu kelas X IPA 2 yang berjumlah 20 peserta didik. Adapun hasil yang diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan uji t dimana nilai |thitung| ≥ |ttabel|. Dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh nilai thitung = -8,921 dan nilai ttabel = 1,729. disimpulkan bahwa nilai |thitung| ≥ |ttabel| atau |8,921| ≥ |1,729| maka H0 ditolak dan Ha diterima; (2) Nilai ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal untuk nilai posttest sebesar 90% dan yang tidak tuntas sebesar 10%; (3) Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah76,7% dengan kategori aktif ; (4) Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran keseluruhan sebesar 90% atau berada dalam kategori baik dan sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022