Penelitian ini dilakukan dengan tentang studi pustaka model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan tujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran dan effect size pada model pembelajaran Treffinger terdapat kemampuan berpikir kretaif siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian secara studi kepustakaan atau Library Research dan dilaksanakan di rumah peneliti. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Sumber kepustakaan yang dipilih terdiri dari 5 jurnal penelitian yang berkaitan dengan judul peneliti untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model treffinger lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2022