Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan media powerpoint oleh guru pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah Kota Blitar pada mata pelajaran PAI dan Kemuhammadiyahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatannya menggunakan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian dan sumber data pada penilitian ini diperoleh dari observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Sesuai dengan penilitin ini ditemukan bahwa dengan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik, di samping itu mampu meningkatkan semangat untuk mempelajari mata pelajaran yang disajikan yaitu Pendidikan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan. Prestesi dan hasil nilai yang diperoleh menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dilihat dari proses penerapannya ditemukan bahwa melalui media Powerpoint materi yang disajikan kelihatan lebih menarik, hemat waktu, serta lebih efisien. Guru semakin percaya diri karena terbantukan dalam menjelaskan sesuatu yang ingin disampaikan. Penelitian juga ini menunjukkan adanya faktor pendukung dan penghambatnya. Faktor pendukung antara kemampuan guru yang terampil dalam mengoperasikan computer, sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta dukungan dari kepala sekolah dan wali siswa. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan media Powerpoint adalah kurangnya kemampuan guru dalam menguasai seni menampilkan format materi ke dalam bentuk gambar, sehingga tampilan materi cenderung menoton menjadi kurang menarik. Persiapan guru membuat format tampilan powerpint menyita waktu yang lama dibandingkan dengan materi yang akan disampaikan.
Copyrights © 2022