Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 11 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2021/2022

Monalisa Sianturi, Maria (Unknown)
Dewi, Izwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 9 Medan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis dan pedoman wawancara. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam proses pembelajaran aktif diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri, karena dalam model tersebut didalamnya erat hubungannya  dengan berpikir kritis matematis dapat dilihat dari sintaksnya yang mampu menopang kemampuan tersebut. Sehingga dari hasil penelitian diperoleh data bahwa: siswa dengan tingkat kemampuan berpikir kritis kategori sangat tinggi diperoleh sebanyak 3 orang siswa (9%), kategori tinggi diperoleh sebanyak 9 orang siswa (27%), kategori sedang diperoleh sebanyak 12 orang siswa (36%), kategori rendah diperoleh sebanyak 6 orang siswa (18%) dan kategori sangat rendah diperoleh   3 orang siswa (9%) dari total keseluruhan 33 siswa. Perolehan perindikator berpikir kritis matematis siswa yang mampu mengerjakan kemampuan interpretasi terdapat 21 siswa (63,6%), kemampuan analisis terdapat 14 siswa (42,4%), kemampuan evaluasi terdapat 10 siswa (30,3%), dan kemampuan inferensi terdapat 7 siswa (21,2%). Kesulitan yang dihadapi siswa yaitu berkesinambungan dengan ketidakmampuan siswa dalam mengerjakan setiap aspek kemampuan berpikir kritis dalam mengerjakan soal yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...