Dalam era globalisasi, isu pelayanan publik merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan organisasi baik negeri maupun swasta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menganalisis kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Saburai. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam memberikan pelayanankepada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan harapan dapat menggali dan mengumpulkan data secara mendalam untuk memperoleh data utama yang dilakukan menggunakan wawancara langsung dengan informan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu memberikan penjabaran terhadap hasil jawaban dari informan dengan uraian kalimat tentang kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa pada Fisipol Universitas Saburai Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa pegawai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai telah siap untuk menghadapi era globalisasi, hal ini terlihat pada tercapainya secara optimal dari tiga aspek substansi sebagai indikator kesiapan kinerja pegawai. Kinerja pegawai sudah baik dimana hal ini ditunjukkan dengan adanya komitmen dan kesungguhan pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Serta responsibilitas pegawai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai juga sudah baik dimana hal ini dapat dilihat dari kemampuan pegawai, sikap, dan kedisiplinan yang di tunjukkan kepada mahasiswa.Dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa Pegawai pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sudah memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Dalam arti apa yang diberikan atau dilakukan benar-benar sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa, yaitu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan ramah. Selain dari itu dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa pegawai Fisipol Universitas Saburai dilakukan dengan sopan dan berpedoman pada etika profesi. kata kunci : kinerja pegawai, pelayanan
Copyrights © 2016