Jurnal Sosial dan Humanis Sains
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Sosial dan Humanis Sains

ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MAHASISWA PADA FISIPOL UNIVERSITAS SABURAI BANDAR LAMPUNG

Dewi, Lies Kumara (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Dalam era globalisasi, isu pelayanan publik merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan organisasi baik negeri maupun swasta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.  Penelitian ini bertujuan  1) Untuk menganalisis kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol)  Universitas Saburai. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam memberikan pelayanankepada mahasiswa.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan harapan dapat menggali dan mengumpulkan data secara mendalam untuk memperoleh data utama yang dilakukan menggunakan wawancara langsung dengan informan.            Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu memberikan penjabaran terhadap hasil jawaban dari informan dengan uraian kalimat tentang kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa pada Fisipol Universitas Saburai Bandar Lampung.                Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa pegawai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai  telah siap untuk menghadapi era globalisasi, hal ini terlihat pada tercapainya secara optimal dari tiga aspek substansi sebagai indikator kesiapan kinerja pegawai. Kinerja pegawai sudah baik dimana hal ini ditunjukkan dengan adanya komitmen dan kesungguhan pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Serta responsibilitas pegawai  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai juga sudah baik dimana hal ini dapat dilihat dari kemampuan pegawai, sikap, dan kedisiplinan yang di tunjukkan kepada mahasiswa.Dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa Pegawai pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sudah memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Dalam arti apa yang diberikan atau dilakukan benar-benar sudah  sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa,  yaitu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan ramah. Selain dari itu dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa dalam memberikan  pelayanan kepada mahasiswa pegawai Fisipol Universitas Saburai dilakukan dengan sopan dan berpedoman pada etika profesi. kata kunci : kinerja pegawai, pelayanan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jshs

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Sosial dan Humanis Sains, [e-ISSN: 2527-4228] is a journal which is published by LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Jurnal Sosial dan Humanis Sains is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies ...