JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
VOLUME XII, NO 1 SEPTEMBER 2013

ANALISIS IDIOLOGI PANCASILA TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN KAPAL PENUMPANG FERRI INDONESIA

Harcici Harcici (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai mengenai pengamalan nilai-nilai Idiologi Pancasila terhadap kualitas pelayanan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi persepsi penumpang serta harapan pelanggan dalam memilih jasa pelayanan. Dalam proses pelayanan pada kapal Ferri Indonesia harus bisa menjadi penggerak dalam usaha melayani pelanggan. Bentuk pelayanan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dalam hal penguatan ideologi, dimana ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila. Pancasila ini menjadi pedoman dan falsafah bangsa dalam segala kehidupan, sehingga dibutuhkan adanya pemahaman makna Pancasila oleh semua lapisan. Ideologi adalah pandangan hidup atau filsafat yang berintikan serangkaian nilai (norma) atau sistem nilai dasar yang bersifat menyeluruh dan mendalam yang harus dimiliki oleh pegawai kapal ferri dan dijadikan acuan atau sebagai wawasan dan pandangan hidup mereka. Megutamakan kualitas pelayanan yang baik secara realitas dan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seorang pegawai atau pelayan kapal Ferri Indonesia diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan dilaksanakan secara professional agar dalam menjalankan tugasnya bisa diakui dan diterima oleh masyarakat sekitar serta  dia bisa hidup dari profesinya tersebut. Pusat pelayanan merupakan suatu mata rantai yang penting antara perusahaan kapal Ferri dengan pelanggan. Tujuan akhir dari seluruh penyelenggaraan pelayanan yang dilakukan oleh pegawai, kapal Ferri Indonesia adalah untuk memberikan sebuah pelayanan yang dibutuhkan oleh pengguna jasa angkutan kapal laut. Sedangkan tingkat kesesuaiyan antara persepsi dan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa pada kapal ferri Indonesia, yang rendah  perlu adanya peningkatan, perbaikan antara lain better yang berkaitan dengan mutu pelayanan yang berkualitas.    Kata kunci: Pengamalan nili-nilai Idiologi Pancasila dan Kualitas Pelayanan,(persepsi dan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa).

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JSTM

Publisher

Subject

Astronomy Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM berisi tulisan ilmiah di bidang Kemaritiman, Kepelabuhanan, Ilmu kenautikaan, Teknik Mesin, permesinan kapal. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim juga membahas mengenai bidang Transportasi baik itu transportasi darat, laut maupun udara yang kesemuanya merupakan ...