Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Nur Hasnah Putri SD (Universitas Negeri Padang)
Rahmadhani Fitri (Universitas Negeri Padang)
Rahmawati Darussyamsu (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Saat ini, pembelajaran biologi dilaksanakan sebagai pembelajaran yang bersifat konseptual, teoritis dan menghafal menggunakan buku. Peserta didik tidak dilatih menerapkan inkuiri ilmiah pada saat melaksanakan kegiatan eksperimen. Guru lebih menekankan pada aspek proses dan sikap ilmiah saja. Keterampilan proses sains pada peserta didik perlu dikembangkan, karena dalam mata pelajaran biologi hal ini sangat diperlukan sebagai bentuk perwujudan pelaksanaan pembelajaran di dalam ranah ilmu pengetahuan alam. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakanlah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan. Sumber data dan informasi berasal dari jurnal nasional maupun internasional dan buku yang berkaitan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains. Sehingga didapatkan hasil bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh baik dalam peningkatan keterampilan proses sains pada peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...