Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kelompok teman sebaya dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 83 peserta didik yang ditentukan dengan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert yang dimodifikasi dan didukung dengan dokumentasi. Berdasarkan analisis data menunjukkan ada pengaruh yang signifikan kelompok teman sebaya dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar peserta didik. Nilai koefisien korelasi X1 terhadap Y = 0,471; X2 terhadap Y = 0,601; dan nilai koefisien determinasi = 0,401 atau 40,1%. Dapat ditafsirkan kelompok teman sebaya dan perhatian orang tua memiliki kontribusi sebesar 40,1% terhadap motivasi belajar.
Copyrights © 2019