Journal of Social Research
Vol. 1 No. 10 (2022): Journal Of Social Research

Pengaruh Advertising Exposure dan Packaging Design Terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna A Mild

Artha Aprilia Tambunan (Universitas Sumatera Utara)
Nicholas Marpaung (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Advertising exposure dan packaging design menjadi salah satu sarana komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Sampoerna A Mild dalam memperkenalkan produknya. Peraturan pemerintah yang membatasi penayangan iklan dan mewajibkan adanya larangan merokok serta gambar dampak negatif pada packaging design menuntut PT. HM Sampoerna A Mild menciptakan iklan dengan berbagai advertising exposure yang semakin menarik dan berkualitas. Selain iklan, inovasi terhadap packaging design tanpa menghilangkan icon “A” yang menjadi ciri khas dari produk Sampoerna A Mild untuk mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising exposure dan packaging design terhadap minat beli produk rokok Sampoerna A Mild pada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari 100 orang responden sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising exposure dan packaging design berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh hasil nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,688 (68,8%), dimana nilai ini menunjukkan hubungan antara advertising exposure dan packaging design terhadap minat beli cukup kuat. Nilai R Square atau nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel minat beli dapat dipengaruhi oleh advertising exposure dan packaging design sebesar 46,2% sedangkan sisanya sebesar 53,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijsr

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Journal of Social Research is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and scientific fields. The journal is published monthly by International Journal Labs. The Journal of Social Research provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...