Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 7 No. 2 (2020): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

PENGARUH PENGGUNAAN METODE LATTICE DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III SDN SUKASARI

Dede Suyanti (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Budi Hendrawan (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Anggia Suci Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode lattice dalam menyelesaikan operasi perkalian terhadap prestasi belajar matematika di kelas III SDN Sukasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SDN Sukasari yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan teknik sampling sistematis yang menghasilkan 16 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode lattice dalam menyelesaiakan operasi perkalian terhadap prestasi belajar siswa di kelas III SDN Sukasari. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 89,38 dan kelas kontrol 72,27. Dalam uji hipotesis dilakukan dengan Independent Sample T-Test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan metode lattice dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan metode lattice (metode konvensional). Kata kunci: Metode Lattice, Operasi Perkalian, Prestasi Belajar Matematika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...