Progressive of Cognitive and Ability
Vol. 1 No. 2 (2022)

Penerapan Concept Attainment Model (CAM) Menggunakan Alat Permainan Edukatif Fun Book dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa

Mulyani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Concept Attainment Model (CAM) menggunakan alat permainan edukatif fun book dalam meningkatkan pemahaman materi bangun ruang dan banguan datar pada peserta didik kelas 1 SDN Karangrejo 06. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus–siklus. Subyek penelitianny adalah peserta didik kelas I UPTD Satdik SDN Karangrejo 06 tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar observasi. Adapun analisis data menggunakan kriteria ketuntasan belajar, yaitu Peserta didik dikatakan tuntas jika nilainya mencapai lebih dari 70 dan daya serap klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CAM menggunakan media fun book dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar kelompok peserta didik pada muatan matematika untuk kompetensi dasar mengenal bangun ruang. Selain itu juga, penerapan pembelajaran CAM menggunakan media fun book dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik pada muatan matematika untuk kompetensi dasar mengenal bangun ruang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpr

Publisher

Subject

Education Other

Description

This journal is a publication that contains research results, development of innovative and relevant research and related conceptual studies and/or developments in the field of Education. This journal has a focus and scope that includes: 1. Educational learning and services. 2. Evaluation of ...