Education, Language, and Culture Journal
Vol 2 No 1 (2022): April (EDULEC)

Membentuk Karakter Enterperneurship Untuk Mahasiswa

Rosfida Sitoris (Prodi Pendidikan Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Nur Fitri Aulia (Prodi Pendidikan Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Haedar Akib (Department of Administration, Faculty of Social Science and Law, Indonesia)
Andi Octamaya Tenri Awaru (Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2022

Abstract

Di indonesia sendiri tingkat pengganguran sangat tinggi , data  terus mengalami kenaikan . pada  data BPS tahun 2017 di lansir dari depok pos permasalahan utama pembangunan ekonomi di Indonesia adalah tingginya angka pengangguran dan lambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tercatat pada bulan November 2017, tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 5,50% sedangkan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini atau di triwulan ke III tumbuh sebesar 5,03% jumlah tersebut telah naik dari tahun 2014 sebesar 4,79% yang mana itu merupakan presentase terendah dari 6 tahun terakhir. Salah satu hal yang dapat ditawarkan sebagai solusi efektif adalah membentuk mahasiswa yang berkarakter entrepreneur. Hal ini penting karena 2 (dua) hal, yaitu dapat secara efektif mengurangi tingkat lulusan pencari kerja sekaligus meningkatkan lulusan pencetak kerja dan dapat berkontribusi terhadap kemakmuran bangsa. Karakter entrepreneur yang diharapkan adalah karakter yang bisa mencetak usaha produktif dan inovatif. Karakter entrepreneur yang diharapkan adalah karakter entrepreneur modern. Entrepreneur modern merupakan orang-orang yang secara sengaja dan sadar mendisain dirinya sendiri menjadi seorang entrepreneur dengan cara yang benar. Entrepreneur yang secara konsisten selalu kreatif dan inovatif dalam melihat dan menciptakan peluang, serta mampu merealisasikan peluang itu menjadi sesuatu yang lebih berharga secara ekonomis, sosial dan ekologi. Untuk dapat membentuk karakter entrepreneur mahasiswa maka diterapkan 2 strategi yaitu strategi makro dan mikro. Strategi makro berada pada tataran kebijakan perguruan tinggi yang meliputi mengintegrasikan pembelajaran entrepreneurship ke dalam kurikulum; mengembangkan entrepreneurship center pada perguruan tinggi; serta menciptakan gerakan nasional budaya dan pelatihan entrepreneurship bagi mahasiswa. Strategi mikro berada pada tataran pembelajaran di kelas terutama pembelajaran entrepreneurship.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edulecj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Welcome to the official EDULEC JOURNAL: Education, Language, and Culture website. As part of the spirit of disseminating Education, Language and Culture. EDULEC JOURNAL: Education, Language, Culture is a Journal which is a reference source for academics and practitioners in the field of education, ...