Majalah Ilmiah Inspiratif
Vol 5, No 10 (2020): Majalah Inspiratif Vol.5 No.10 Juli 2020

CELEBRITY ENDORSEMENT DI INSTAGRAM STUDI FENOMENOLOGI CELEBRITY ENDORSEMENT PADA BRAND ESCOBAR SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN

Arie Dwi Sugiarto (Unknown)
Diryo Suparto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran danimplementasi celebrity endorsement brand Escobar di Escobar. Metode penelitianyang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperolehmelalui proses wawancara mendalam dan terstruktur dengan owner sekaligusfounder brand Escobar untuk mengetahui fenomena strategi pemasaran dancelebrity endorsement. Hasil penelitian menunjukan bahwa fenomenologi strategipemasaran yang dilakukan oleh Escobar mengacu pada aspek segmenting,targeting, dan positioning. Produk Escobar disegmentasikan untuk remaja usia15 – 28 tahun dan memiliki hobi bermusik, berolahraga skateboard dan hang out. Produk Escobar memiliki spesialisasi produk berupa produk fashion dan lebihfokus pada jenis kaos, hodie, jumper, dan sling bag, sedangkan positioning,produk Escobar ingin dikenal sebagai setelan yang pas untuk hang out,berolahraga skateboard dan bermusik. Penggunaan social media Instagramkarena Instagram dinilai berpotensi menjadi platform e-commerce. Endorseryang dipilih merupakan pentolan band lokal Mom Is Hero dan Eighteen Plusserta atlet skateboard Tegal. Para endorser diminta memberikan testimonimelalui sebuah caption bersamaan foto endorser memakai produk Escobar.Dalam pemilihan endorser, manajemen Escobar menentukan beberapa kriteria diantaranya jumlah followers di akun Instagram para endorser minimal sebanyak1.000 followers, karakteristik yang melekat pada para endorser mewakili brandimage Escobar, serta para endorser dinilai memiliki kecocokan dengan parakonsumennya.Keywords: Celebrity Endorsement, Segmenting, Targeting, Positioning

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

INSPI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Majalah ilmiah Inspiratif memiliki latar belakang disiplin ilmu sosial dan politik. Akan terbit secara berkala, berisi tulisan dari dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dari program studi lain yang ada di Universitas Pandanaran maupun dari para akademisi dari berbagai lembaga pendidikan ...