Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran danimplementasi celebrity endorsement brand Escobar di Escobar. Metode penelitianyang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperolehmelalui proses wawancara mendalam dan terstruktur dengan owner sekaligusfounder brand Escobar untuk mengetahui fenomena strategi pemasaran dancelebrity endorsement. Hasil penelitian menunjukan bahwa fenomenologi strategipemasaran yang dilakukan oleh Escobar mengacu pada aspek segmenting,targeting, dan positioning. Produk Escobar disegmentasikan untuk remaja usia15 – 28 tahun dan memiliki hobi bermusik, berolahraga skateboard dan hang out. Produk Escobar memiliki spesialisasi produk berupa produk fashion dan lebihfokus pada jenis kaos, hodie, jumper, dan sling bag, sedangkan positioning,produk Escobar ingin dikenal sebagai setelan yang pas untuk hang out,berolahraga skateboard dan bermusik. Penggunaan social media Instagramkarena Instagram dinilai berpotensi menjadi platform e-commerce. Endorseryang dipilih merupakan pentolan band lokal Mom Is Hero dan Eighteen Plusserta atlet skateboard Tegal. Para endorser diminta memberikan testimonimelalui sebuah caption bersamaan foto endorser memakai produk Escobar.Dalam pemilihan endorser, manajemen Escobar menentukan beberapa kriteria diantaranya jumlah followers di akun Instagram para endorser minimal sebanyak1.000 followers, karakteristik yang melekat pada para endorser mewakili brandimage Escobar, serta para endorser dinilai memiliki kecocokan dengan parakonsumennya.Keywords: Celebrity Endorsement, Segmenting, Targeting, Positioning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020