Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan hasil prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam pembelajaran menggambar ilustrasi pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Jalaksana , penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di kelas XI MIPA 3 dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, dokumentasi dan tes. Data nilai untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran menggambar ilustrasi kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Jalaksana berjalan dengan lancar, sangat kompetitif dan sangat menyenangkan bagi siswa. (2) Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menggambar ilustrasi mengalami peningkatan setelah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran TGT, dari rata-rata 58,00 menjadi 92,11. Skor tertinggi sebelum pelaksanaan tindakan kelas adalah 80 yang meningkat menjadi nilai 100 setelah pelaksanaan tindakan kelas. Nilai terendah sebelum penerapan tindakan kelas adalah 32 menjadi nilai 88 setelah penerapan tindakan kelas. (3) Model pembelajaran TGT dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas siswa dan sikap siswa dalam pembelajaran menggambar ilustrasi, siswa menjadi sangat antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran menggambar ilustrasi.
Copyrights © 2022